Minggu, 08 Januari 2012

Memasak Sarden Kalengan (menu ‘agak’ sederhana)

bahan-bahan :
1 kaleng sarden (tergantung untuk berapa porsi, klo lagi ada duit beli sarden yg mereknya Ayam Brand, klo lagi agak cekak yang merek ABC atau lainnya juga enak kok.. ), 3 siung bawang merah, 3 siung bawang putih, 1 potong jahe (seukuran 2 ruas jari), 2 batang sereh, 3 atau 4 buah cabai merah, 1 buah cabai rawit jawa (awas cabe ganas ), daun bawang, 1 buah tomat, gula dan garam secukupnya, 2 sendok makan minyak goreng. air secukupnya (klo suka kuahnya encer, tambahin airnya)
olah bahan :
kaleng sarden (dibuka dong kalengnya ), bawang merah dan putih (iris halus atau di geprek sama enaknya), jahe (kupas dulu, kemudian di geprek), sereh (di geprek pentol ujungnya), cabai merah dan rawit jawa (iris halus), daun bawang (iris halus), tomat (potong jadi 4 aja),
cara memasak :
nyalakan kompor dengan api kecil saja. masukkan bawang merah dan putih ke dalam wajan yang sudah agak panas, biarkan sekitar 1 menit. aroma bawang akan muncul. masukkan jahe dan cabai yang sudah dirajang/diiris halus. masukkan sereh. aduk. (sekarang aroma bumbunya semakin wangi.. nyam..:D)
masukkan sarden di dalam kaleng ke dalam wajan. pelan-pelan aduk sarden dan bumbu supaya meresap. tambahkan air sesuai selera, tunggu kuahnya agak mengental. tambahkan tomat yang sudah dipotong dan daun bawang yang sudah dirajang. tambahkan garam dan gula sesuai selera. tunggu hingga matang.
best served :
sajikan bersama nasi hangat yang tidak terlalu pulen (seperti nasi yang biasa digunakan tukang nasgor), dan es jeruk (ada yang pernah noba es jeruk kunci? maknyus sodara-sodara..:D).
selamat mencoba!
p.s.: sarden adalah menu kesukaan saya di rumah jogja, entah makan sama adek saya atau sama anak kost lainnya. sama enaknya.

Sumber : http://caymanislands.wordpress.com/2008/05/12/memasak-sarden-kalengan-menu-agak-sederhana/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar