Senin, 18 November 2013


1. Barang - barang yang telah dipilih oleh pelanggan dibuatkan nota penjualan rangkap 3, dua lembar diserahkan kepada pelanggan untuk pembayaran kepada kasir, lembar ke 3 digabung dengan barang diteruskan ke kasir untuk diserahkan pada pelanggan setelah membayar
2. Kasir menerima pembayaran berdasarkan nota penjualan, mencatat penjualan dengan kas register dan menyerahkan barang bersama dengan nota penjualan lembar 3 dan bukti pembayaran dari mesin kas register

Jawab:




11.   Jelaskan unsur-unsur Sistem Informasi Akuntansi (SIA) !
Jawab:
·  Orang-orang yang mengoperasikan sistem dan melaksanakan berbagai fungsi. 
·  Prosedur-prosedur, baikmanual maupun yang terotomatisasi yang libatkan dalam mengumpulkan, memproses    dan menyimpan data tentang aktivitas- aktivitas organisasi. 
·  Data tentang proses – proses bisnis organisasi.
·  SOftware yang dipakai untuk memproses data organisasi. 
· Infrastuktur teknologi informasi, termasuk komputer, peralatan pendukung dan peralatan untuk komunikasi        jaringan.
22.   Jelaskan unsure-unsur Internal Control !
Jawab:
·   Lingkungan Pengendalian
Lingkungan pengendalian menetapkan corak suatu organisasi, mempengaruhi kesadaran pengendalain orang-orangnya.
·   Penaksiran Risiko
Penaksiran risiko adalah identifikasi entitas dan analisis terhadap risiko yang relevan untuk mencapai tujuannya, membentuk suatu dasar untuk menentukan bagaimana risiko harus dikelola.
·    Aktivitas Pengendalian
Aktivitas pengendalian adalah kebijakan dan prosedur yang membantu menjamin bahwa arahan manajemen dilaksanakan.
·   Informasi dan Komunikasi
Informasi dan komunikasi adalah pengidentifikasian, penangkapan, dan pertukaran informasi dalam suatu bentuk dan waktu yang memungkinkan orang melaksanakan tanggung jawab mereka.
·    Pemantauan (Monitoring)
Pemantauan adalah proses yang menentukan kualitas kinerja pengendalian intern sepanjang waktu.

33.   Jelaskan hubungan Internal Control dengan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) !
Jawab:
Internal Control adalah proses yang didesain untuk memasukkan tujuan organisasi tercapai. Sedangkan SIA adalah sebuah sistem yang digunakan untuk mencatat, menyimpan dan melaporkan transaksi dan posisi keuangan organisasi.
Agar tujuan atau tanggung jawab organisasi untuk melaporkan keuangan secara wajar dan transparan dapat terpenuhi suatu SIA intuk memiliki Internal Control yang memadai.

44.   Jelaskan Perbedaan antara DATA, BERITA dan INFORMASI serta hubungannya dengan SIA !
Jawab:
Data adalah kumpulan kejadian yang diangkat dari suatu kenyataan (fakta)
Berita adalah Informasi terbaru mengenai sesuatu yang sedang terjadi saat ini, biasanya disajikan dalam bentuk media cetak, siaran tv, internet atau melalui komunikasi lainnya.
Informasi adalah pesan yang terdiri dari order sequensi dari symbol atau makna dapat ditafsirkan dalam pesan (kumpulan pesan)
Didalam Sistem Informasi Akuntansi data sangat diperlukan untuk proses penginputan. sedangkan berita dan informasi adalah output yang dibedakan yaitu untuk mengetahui perkembangan SIA.

55.   Jelaskan fungsi Komputer dengan Sistem Informasi Akuntansi (SIA) !
Jawab:
Dapat mengerjakan siklus akuntansi mulai dari jurnal, buku besar, neraca lajur, laporan keuangan sampai neraca saldo penutup secara cepat dan akurat dengan computer berbasis akuntansi

66.   Jelaskan dampak penggunaan computer terhadap Internal Control !
Jawab:
Resiko menjadi semakin besar dan kompleks, keamanan berangkas computer (hardcore), software, media penyimpanan dan lain sebagainya.




Tidak ada komentar:

Poskan Komentar